JPNN.com

Hari Pertama Puasa Kang Uu Blusukan ke Pasar Tradisional

Kamis, 17 Mei 2018 – 15:00 WIB Hari Pertama Puasa Kang Uu Blusukan ke Pasar Tradisional - JPNN.com

jpnn.com, MAJALENGKA - Mengawali hari pertama Ramadan,  calon wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum  berkunjung ke Pasar Panjalin, Majalengka.

Di sana sejumlah pedagang curhat mengenai daya beli masyarakat yang rendah pasca panen. Padahal menurut mereka, pasca panen diikuti dengan naiknya daya beli masyarakat. 

“Saya dengar dari petani, panen kali ini hasilnya kurang maksimal, jadi ini tentu memengaruhi  daya beli,” kata Jaja, pedagang baju kepada Kang Uu, sapaan akrab Bupati Tasikmalaya dua periode ini. 

Jaja mengungkapkan, panen kali ini hasilnya kurang maksimal disebabkan beberapa hal.  Di antaranya, pasokan air irigasi yang kurang dan ketersediaan pupuk yang kurang memadai.  

Masalah kekurangan air  menjadi kendala  produktivitas. Padahal, jika panen petani bagus, berdampak pada daya beli petani di pasar. 

“Biasanya petani juga mempersiapkan beli baju dan perlengkapan solat, tapi sekarang daya beli turun,” kata Tatang, pedagang lainnya. 

Mendengar curhatan para pedagang, Kang Uu menyatakan bahwa untuk program pertanian, paslon Rindu (Ridwan Kamil – Uu) sudah menyiapkan Gerbang Desa. Program ini sudah diterapkan di Kabupaten Tasikmalaya dan berhasil.

“Melalui Gerbang Desa, Tasikmalaya berhasil mengekspor beras organic ke luar negeri dan hasil produksi padi surplus, selain itu, kami juga pernah ekspor buah manggis ke luar negeri. Kalau Tasikmalaya bisa, kenapa tidak kita terapkan di Majalengka dan kabupaten lainnya di Jabar,” ucap Kang Uu. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...