Hari Sumpah Pemuda, Pelajar SMP Curi Motor

Hari Sumpah Pemuda, Pelajar SMP Curi Motor
Hari Sumpah Pemuda, Pelajar SMP Curi Motor

jpnn.com - BALIKPAPAN - Kelakuan sebagian pelajar di Balikpapan sangat memprihatinkan. Kebanyakan pelajar SMP, saat ini marak ngelem dan tawuran. Kali ini tiga pelajar SMP ditangkap polisi Polsek Balikpapan Utara bertepatan dengan hari bersejarah Sumpah Pemuda, Selasa (18/10) siang kemarin. Oknum pelajar SMP itu berkomplot melakukan tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Ketiganya adalah pelajar kelas VII SMP negeri yang berlokasi di kawasan Dam, jalan samping kolam renang Mulawarman masuk. Satu pelaku sebagai otak pencurian, yakni AG (13), mencuri motor Yamaha Jupiter Z nomor polisi KT 2771 YZ, di Jl Jend Sudirman no 4 RT 28 Kelurahan Damai Kecamatan Balikpapan Selatan, satu minggu yang lalu.

AG adalah warga Jl MT Haryono gang Mufakat I RT 27 No 26 Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan. Sedangkan dua pelaku lainnya, membantu mengubah warna motor curian yang aslinya warna hitam dengan mengecat warna hijau. Yakni AL (11) warga Jl Beller 1 RT 41 No 101 Kelurahan Damai Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan dan RK (13) warga Jl Haryono RT 30 no 2 Kelurahan Damai Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan.

Yang memprihatinkan lagi, tiga pelajar SMP tersebut digelandang ke Mapolsek Utara masih mengenakan seragam sekolah. Pengungkapan pelajar pelaku kejahatan curanmor berawal dari tim Opsnal Balikpapan Utara mengamankan AG saat mengendarai motor Yamaha Jupiter Z nomor polisi KT 2771 YZ di kawasan jl MT Haryono, sekitar pukul 14.00 Wita, siang kemarin.

Ketika itu, AG baru keluar dari sekolah setelah jam pelajaran usai. AG mengendarai motor tanpa dilengkapi surat-surat, ditambah lagi motor baru saja dicat warna hijau. Polisi merasa curiga, apalagi ada informasi dari masyarakat telah terjadi kasus pencurian motor. Polisi langsung menginterogasi AG, dan dia mengakui bahwa motor yang dikendarainya motor curian.

Yang mengejutkan, motor itu dicuri sendiri oleh AG di Jl Jend Sudirman no 4 RT 28 Kelurahan Damai Kecamatan Balikpapan Selatan, tepatnya di belakang Hotel Zuric, satu minggu yang lalu. Pemilik motor bernama Dani. Motor curian tersebut, sempat disembunyikan AG di kandang ayam dekat rumahnya, kemudian diambil dan diubah warna catnya.

Dari mulut AG, terungkaplah dua temannya yang turut membantu mengubah warna motor curian, yakni AL dan RK. Tak ayal keduanya turut dikeler ke Polsek Balikpapan Utara.

Ketika mereka diinterogasi Kanit Reskrim Ipda Hadi Purwanto, Kapolsek Balikpapan Utara AKP H Sarbini memanggil orangtua para pelaku. AG, AL dan RK tak berkutik saat orangtuanya mengetahui kelakuannya.

BALIKPAPAN - Kelakuan sebagian pelajar di Balikpapan sangat memprihatinkan. Kebanyakan pelajar SMP, saat ini marak ngelem dan tawuran. Kali ini tiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News