Harimau Diduga Masuk Kampus Unsri Palembang

Harimau Diduga Masuk Kampus Unsri Palembang
Harimau Sumatera. (ilustrasi - antara)

jpnn.com, PALEMBANG - Seekor harimau dilaporkan telah enam hari terakhir muncul di area kebun riset yang ada di dalam Kompleks Universitas Sriwijaya (Unsri) kampus Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Kebun Riset Unsri Kampus Indralaya, M. Umar Harun di Palembang, membenarkan adanya laporan mahasiswa dan penyadap yang mengaku telah melihat individu satwa serupa harimau pada dua hari berbeda.

"Ini dua versi, ada yang bilang macan tapi ada juga mengatakan harimau," ujarnya, Kamis (9/1).

Menurut Umar, laporan kemunculan satwa yang diduga harimau pertama kali diterimanya pada Sabtu (4/1). Saat itu seorang mahasiswa yang tengah melaksanakan riset di kebun kelapa sawit, mengaku mendengar suara auman namun tidak melihat wujud sumber suara karena langsung berlari ketakutan.

Laporan kedua diterima pada Selasa (7/1) saat seorang penyadap mengaku melihat hewan sebesar anak sapi yang memiliki belang, lokasinya tidak jauh dari lokasi laporan pertama. Namum si penyadap yang mengaku melihat menjelang magrib itu melihat cukup jauh sehingga wujudnya tak begitu jelas.

"Kami juga sudah ke lokasi dan melihat ada jejak-jejak, tapi kami belum bisa memastikan itu jejak macan atau harimau karena kami bukan ahlinya," kata Umar.

Karenanya, Umar mengimbau seluruh civitas akademika untuk menghentikan sementara aktifitas riset di area perkebunan Unsri.

Area kebun riset kampus Unsri Indralaya, kata dia, memiliki luas 200 hektar yang didominasi semak belukar, 30 hektar diantaranya merupakan kebun sawit aktif dan 15 hektar kebun karet.

Menurut BKSDA Sumsel kantong harimau terdekat jaraknya mencapai 90 kilometer sehingga kecil kemungkinan ada harimau di lokasi itu

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News