Harley Davidson Shovelhead Diselundupkan Via Garuda, Apa Istimewanya?

Harley Davidson Shovelhead Diselundupkan Via Garuda, Apa Istimewanya?
Sepeda motor besar Harley Davidson yang diselundupkan melalui penerbangan Garuda Indonesia dari Prancis ke Bandara Soekarno Hatta. Foto: Dedi Sofyan/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Terbongkarnya kasus penyelundupan Harley-Davidson terurai yang diangkut via pesawat Garuda Indonesia tipe Airbus A330-900 seri Neo, sontak bikin heboh.

Menurut Menteri BUMN Erick Tohir, motor Harley yang diselundupkan itu diketahui merupakan seri Shovelhead dengan tahun pembuatan 1970.

"Motor klasik Harley Davidson tipe Shovelhead merupakan motor tahun 70an," ungkap Erick.

Lantas apa istimewanya motor tersebut, hingga harus diangkut secara tersembunyi?

Harley-Davidson Shovelhead memang merupakan satu dari banyak model spesial yang dibuat pabrikan di Milwaukee itu. Ini juga menjadi buruan para kolektor dunia.

Harley-Davidson Shovelhead series pertama kali diproduksi pada 1966. Moge klasik ini sempat menjadi tunggangan populer pada masanya. Kemudian redup dan berhenti diproduksi pada 1984.

Seri Shovelhead sendiri merupakan rare item. Walaupun pamornya masih kalah dari model lain seperti American Pride.

Penyebutan Shovelhead sendiri merujuk pada racikan mesin yang ditanamkan. Mesin ini memiliki ruang pembakaran yang lebih dangkal, berpadu katup yang lebih besar untuk intake dan knalpot. Selain itu, motor tersebut diklaim memiliki bobot secara keseluruhan mencapai 340 kg.

Terbongkarnya kasus penyelundupan Harley-Davidson seri Shovelhead via pesawat Garuda, sontak bikin heboh. Lantas apa istimewanya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News