Hasil Analisis Polda Metro Jaya Terhadap Kecelakaan TransJakarta, Menohok

Hasil Analisis Polda Metro Jaya Terhadap Kecelakaan TransJakarta, Menohok
Kondisi Pos Polisi Lalu Lintas Simpang PGC, Jakarta Timur, seusai ditabrak bus TransJakarta, Kamis (2/12). Foto: Dokumentasi JPNN.com/Dean Pahrevi

jpnn.com, JAKARTA - Hasil analisis Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terhadap beberapa kecelakaan yang melibatkan sejumlah kendaraan TransJakarta, cukup menohok.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut terdapat kelemahan manajemen sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, juga terdapat kelemahan penerapan prosedur keselamatan berkendara pada pengemudi TransJakarta.

"Dari hasil analisis kami terhadap beberapa kecelakaan yang terjadi yang melibatkan TransJakarta, memang harus diakui ada kelemahan dari sisi prosedur keamanan dan keselamatan serta dari manajemen SDM-nya, human resource-nya," ujar Kombes Pol Sambodo di Jakarta, Rabu (8/12).

Menurut Sambodo, hasil analisis dan investigasi penyidik Ditlantas Polda Metro Jaya terhadap beberapa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus TransJakarta antara lain disebabkan faktor kesalahan manusia.

Sambodo mengatakan faktor kesalahan manusia sebenarnya kesalahan kecil, tetapi bisa berakibat fatal.

"Kesalahan kecil yang sepele tetapi bisa berakibat fatal, sopir mengantuk, sopir yang ditinggal ke toilet, ada yang katanya botol air mineralnya menggelinding, ada yang katanya dongkraknya menggelinding dan sebagainya," kata Sambodo.

Diungkapkan Sambodo, pengawasan manajemen TransJakarta kurang ketat serta pengemudi tidak menerapkan prosedur keamanan dengan baik.

Hasil analisis Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terhadap sejumlah kecelakaan TransJakarta, menohok.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News