Hasil Pemeriksaan DNA, Ariel Noah Punya Gen Yunani

Hasil Pemeriksaan DNA, Ariel Noah Punya Gen Yunani
Ariel NOAH di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (27/11). Foto: Dedi Yondra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil pemeriksaan DNA menunjukkan musisi Ariel Noah memiliki gen orang Yunani.

Pemeriksaan DNA Ariel dilakukan dalam rangka riset Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia.

Penyanyi bernama lengkap Nazril Irham itu menjadi sukarelawan peserta tes DNA bersama tokoh publik lain seperti Najwa Shihab, Mira Lesmana, Riri Riza, dan Budiman Sudjatmiko.

Menurut hasil riset yang dipublikasikan dalam pameran "ASOI: Asal Usul Orang Indonesia" di Museum Nasional, Jakarta, Selasa, Ariel Noah memiliki 79,78 persen gen Asia Selatan (India, Bangladesh, Tamil, Nepal), 15,14 persen gen Asia Timur (Jepang), 5,03 persen gen diaspora Asia, dan 0,05 persen gen Yunani.

Ahli genetika dari Lembaga Eijkman Prof Herawati Sudoyo mengatakan bahwa orang Indonesia memiliki bauran gen dari bangsa-bangsa yang datang ke Nusantara dalam empat gelombang migrasi manusia modern.

"Pada dasarnya genetik orang Indonesia adalah campuran, genetik orang Indonesia memperlihatkan adanya pembauran dari beberapa leluhur genetik yang datang dari periode mana pun dari jalur yang beragam," katanya.

Prof Herawati Sudoyo mengatakan bahwa DNA dapat bercerita banyak tentang leluhur manusia. DNA dapat memberikan data ilmiah soal komposisi ras, nenek moyang, hingga lini masa kehadiran ras.

Dalam riset yang dilakukan oleh Historia, pemeriksaan DNA para sukarelawan dilakukan pada sampel liur dari langit-langit mulut, belakang lidah, dan pinggir gusi. Sampel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium EasyDNA di Australia untuk diperiksa dan hasilnya didapat setelah tiga minggu pengujian.

Hasil pemeriksaan DNA dalam rangka riset Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli menunjukkan Ariel Noah memiliki gen orang Yunani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News