Hasil Riset: Batang Buah Naga Bikin Sapi Cepat Gemuk

Hasil Riset: Batang Buah Naga Bikin Sapi Cepat Gemuk
Petani buah naga. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Berdasar hasil riset, batang buah naga ternyata bisa digunakan untuk makanan ternak sapi agar cepat gemuk.

Empat mahasiswi Jurusan Pendidikan Ners, Fakultas Keperawatan, Universitas Airalangga, Surabaya, yang berhasil menemukan menfaatn batang buah naga itu. Keempatnya yakni Agustina Lia Fitriani, Ishomatul Faiza, Rizki Jian Utami, dan Hayu Ulfaningrum.

Berkat penemuan tersebut, mereka mendapatkan penghargaan dari National Research Council Of Thailand, semacam dikti di negara Gajah Putih tersebut.

Mereka berhak membawa medali emas yang diberikan di ajang Seoul International Invention Fair 2017 (Sif 2017) di Seoul Korea Selatan.

“Ide ini berawal dari pengalaman saya saat SMA. Bapak saya yang suka memberikan batang buah naga untuk pakan sapi di rumah. Kebetulan bapak punya kebun buah naga,” kata Agustina, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Saat pendaftaran Seoul International Invention Fair dibuka pada pertengahan 2017, Agustina mengirim abstrak tentang penemuannya itu.

Tak disangka, dia mendapat balasan dan berhak mengikuti ajang tersebut. Bersama tiga temannya dia menemukan ramuan pakan ternak.

“Kami tidak mungkin membawa dalam bentuk serbuk. Makanya kami jadikan kering seperti pelet,” ungkap Agustina.

Hasil riset empat mahasiswi Unair berhasil menemukan fakta bahwa batang buah naga bisa untuk pakan ternak, menjadikan sapi cepat gemuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News