Hasil Riset I2: Prabowo Subianto Teratas, Tito Karnavian Keempat

Hasil Riset I2: Prabowo Subianto Teratas, Tito Karnavian Keempat
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil riset Indonesia Indicator (I2) menempatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling banyak dibicarakan warganet (netizen) di media sosial, khususnya Twitter dalam 100 hari Kinerja Kabinet Indonesia Maju.

Indonesia Indicator (I2), sebuah sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) dalam risetnya mencatat, sepanjang 20 Oktober 2019 hingga 24 Januari 2020, ada lima nama menteri yang paling banyak dibicarakan netizen di media sosial Twitter.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, menyebutkan, lima menteri itu, yakni Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Menag Fachrul Razi.

"Namun, jarak percakapan antara Prabowo dengan menteri lainnya relatif besar," kata Rustika dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/2).

Dipaparkan, Menhan Prabowo Subianto menjadi tokoh kontroversial yang paling banyak dibicarakan netizen.

Rival Presiden Jokowi di Pilpres 2019 itu diperbincangkan netizen sebanyak 710.968 cuitan yang kemudian direspons netizen lainnya hingga mencapai 1.781.945 aktivitas dalam bentuk retweet, mention, dan reply.

Melalui Social Network Analysis (SNA), dapat terlihat bahwa sebanyak 49,46 persen netizen bersikap netral atas berbagai aktivitas dan kebijakan Prabowo, dan tidak secara langsung memihak kepada Prabowo. Polarisasi masa pilpres masih terasa, meskipun sudah mulai menurun.

"Terdapat 28,12 persen akun oposisi yang masih mendukung Prabowo dan terdapat 14,61 persen akun pro-pemerintah yang sebelumnya bukan pendukung Prabowo. Kedua kelompok akun ini tidak saja hanya memberi dukungan, namun juga sesekali terlihat menyindir Prabowo," papar Rustika.

Hasil riset yang dilakukan oleh Indonesia Indicator atau I2 menempatkan Prabowo Subianto di posisi teratas, Tito Karnavian keempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News