Hasil Riset Ipsos: Prabowo–Erick Pemimpin Paling Diterima Generasi Muda

Hasil Riset Ipsos: Prabowo–Erick Pemimpin Paling Diterima Generasi Muda
Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dok: Instagram @erickthohir.

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Gerindra Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Erick Thohir menjadi tokoh pemimpin yang paling diterima oleh generasi muda Indonesia dalam menatap Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal ini terungkap berdasarkan temuan dari lembaga riset internasional, Ipsos yang menyatakan Prabowo dan Erick memiliki sentimen positif tinggi di masyarakat berdasarkan analitik media sosial.

Ipsos diketahui menggunakan mesin analitik media sosial, Ipsos Synthesio. Peneliti senior Ipsos Indonesia Arif Nurul Imam mengatakan mesin ini dapat merekam percakapan sosial media di berbagai platform seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan Tiktok.

“Itu sebabnya, percakapan di media sosial yang melibatkan Gen Z dan milenial dapat menjadi gambaran untuk mengukur akseptabilitas sosok atau tokoh menjelang pemilu 2024,” terang Arif.

Berdasarkan temuan Ipsos, capres yang paling positif diperbincangkan di sosial media adalah Prabowo. Menteri Pertahanan ini mendapatkan angka sentimen positif sebesar 19,7 persen.

Angka tersebut mengungguli para pesaingnya yakni Capres PDIP Ganjar Pranowo dan disusul Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

“Sentimen positif tertinggi pada Prabowo Subianto sebesar 19,7 persen, menyusul Ganjar Pranowo sebanyak 11,7 persen kemudian Anies Baswedan 10,6 persen,” terang Managing Direktur Ipsos Indonesia, Soeprapto Tan.

Sedangkan dalam kategori cawapres, Erick menjadi sosok yang mendapatkan penerimaan tertinggi di kalangan generasi muda.

Lembaga riset internasional, Ipsos yang menyatakan Prabowo dan Erick memiliki sentimen positif tinggi di masyarakat berdasarkan analitik media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News