Hasil Survei LSI Sangat Mengejutkan

Hasil Survei LSI Sangat Mengejutkan
Lukman Edy. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan pengukuran elektabilitas kandidat calon gubernur Riau.

Hasilnya cukup mengejutkan. Di mana para kandidat cagub Riau yang akan berpeluang maju di pilkada 2018 mendatang, tidak ada yang mendapatkan raihan suara lima persen.

Termasuk petahana Gubernur Riau Arsyadjulian Rahman yang hanya memperoleh elektabilits sebesar 4,1 persen; mantan Bupati Rokan Hulu yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Riau Achmad 4,1 persen; Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto 3,6 persen.

Selanjutnya Bupati Kuantan Singingi Sukarmis 3,6 persen dan politis PKB, Lukman Edy 3,2 persen.

"Pada survei yang kami lakukan dengan sistem terbuka pada akhir maret 2017 memang hasilnya sangat mengejutkan. Tidak ada satu pun kandidat yang memperoleh elektabilitas sebesar 5 persen. Ini artinya masyarakat belum menentukan pilihanya. Menariknya lagi incumbent justru memperoleh elektabilitas yang rendah, " kata Peneliti LSI, Ardian Sopa, dalam Seminar yang bertajuk Meneropong Kepemimpinam Riau 2018 di LAM Riau, Kamis (6/4).

Sedangkan survei dengan menggunakan metode tertutup, dimana responden disodori 14 nama untuk dipilih, ketua DPD Demokrat Riau Achmad justru menempati peringkat pertama dengan memperoleh elektabilitas 11,1 persen, disusul Lukman Edy sebesar 9,1 persen.

Petahana Andi Rachman berada pada peringkat tiga 8,4 persen.

Pada peringkat empat terdapat Bupati Siak Syamsuar 6,8perse, dan peringkat lima ditempati Bupati Pelalawan HM Harris 6,6 persen.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan pengukuran elektabilitas kandidat calon gubernur Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News