Hasil Survei: Panglima TNI Jenderal Andika Salah Satu Tokoh Berpengaruh

Hasil Survei: Panglima TNI Jenderal Andika Salah Satu Tokoh Berpengaruh
Dokumentasi - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerja sama dengan Indonesian Publik Institute (IPI) dan Indonesian Club (IC) menunjukkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tercatat sebagai salah satu dari 10 tokoh paling berpengaruh dalam pemerintahan Jokowi.

Menurut Peneliti LPI Febri Wahyuni Sabran, Panglima TNI menjadi salah satu yang terbaik lebih disebabkan karena kinerja beliau dalam mengangkat martabat dan citra TNI pada tataran internasional secara mengagumkan.

“Pak Andika berhasil membangun kerja sama militer secara elegan dan prospektif dengan negara-negara adidaya. Ini hal yang membanggakan. Di internal organisasi juga, Panglima berhasil menjaga keutuhan TNI meskipun ada penumpang gelap berusaha memecah belah TNI dari dalam dengan berbagai isu yang tidak benar,” ujar Febri saat merilis hasil survei bertajuk 'Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester 1 Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo menurut Pandangan Kelas Menengah' di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Pendiri LPI sekaligus Analis Politik Senior Boni Hargens mengamini hasil survei tersebut.

Menurut Boni, Panglima TNI layak diapresiasi kelas menengah intelektual di Indonesia sebagai salah satu sosok paling berpengaruh dalam pemerintahan saat ini.

“Tidak hanya sektor keamanan tetapi juga dalam sektor penguatan demokrasi. Hal itu disebabkan karena promosi nilai-nilai demokrasi yang sukses dilakukan Panglima TNI di kalangan internal TNI,” tegas doktor lulusan terbaik Universitas Walden, Amerika Serikat tersebut.

Selain itu, kata Boni, TNI makin profesional di bawah kepemimpinan Jenderal Andika.

“Kita bangga TNI makin profesional. Pak Andika sukses membawa TNI ke ranah internasional dengan pola komunikasi yang lebih elegan dan bermutu. Kita benar-benar dihargai dan dipandang sebagai partner yang handal oleh negara-negara lain dalam sektor keamanan. Ini prestasi dan harus kita beri dukungan dan penghargaan yang sepadan," kata Boni.

Hasil survei terbaru LPI bekerja sama IPI dan IC menunjukkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tercatat sebagai salah satu dari 10 tokoh paling berpengaruh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News