Hasil Survei: Peta Politik Pilpres Makin Kompetitif, Selisih Tipis

Hasil Survei: Peta Politik Pilpres Makin Kompetitif, Selisih Tipis
Pangi Syarwi Chaniago. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Voxpol Center Research and Consulting pada 18 Maret - 1 April 2019 menunjukkan dari segi elektabilitas peta politik makin kompetitif, selisih elektabilas kedua pasang kandidat sudah semakin tipis.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan pasangan Joko Widodo - Ma’ruf Amin masih memimpin dengan perolehan 48,8 persen dan pasangan Prabowo - Sandi 43,3 persen dengan 7,9 yang masih belum menentukan pilihan (Undecided Voters).

BACA JUGA: Massa Jokowi Bakal Membeludak Akibat Tantangan dari Fahri Hamzah

“Itu artinya, selisih elektabilitas kedua pasangan ini hanya terpaut 5.5 persen, kedua kandidat dan tim suksesnya harus bekerja keras mengamankan peluang memenangkan kontestasi 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari,” kata Pangi dalam keterangan persnya, Kamis (11/4).

Pangi menjelaskan survei tersebut mengunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei adalah 1.600 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini menjangkau 34 provinsi secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap desa/kelurahan terpilih.

Dilakukan Quality Control sebanyak 20 persen dari total jumlah sampel secara acak (random), dengan cara mendatangi kembali responden terpilih dan mengon?rmasi ulang responden terpilih (hot spot checking).

Menurut Pangi, survei ini bertujuan untuk menganalisis tingkat popularitas, likeabilitas dan elektabilitas Parpol dan Capres-Cawapres dalam Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 mendatang. Survei ini juga bertujuan menganalisis persepsi dan harapan masyarakat Indonesia terhadap Parpol dan capres-cawapres.

Selisih elektabilitas kedua pasangan capres - cawapres hanya terpaut 5.5 persen, kedua kandidat dan tim suksesnya harus bekerja keras mengamankan peluang memenangkan kontestasi 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News