Hasil Survei Populi Center: PDIP Masih Teratas, Elektabilitas Gerindra Kian Menguat

Hasil Survei Populi Center: PDIP Masih Teratas, Elektabilitas Gerindra Kian Menguat
Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) menjelang Pilpres 2024, Senin (13/2). Foto: ANTARA/HO- ilustrasi KPU.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) menjelang Pilpres 2024.

Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih berada di posisi paling teratas. Kemudian disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berada diurutan kedua.

Dalam survei nasional yang dirilis Senin (13/2) itu, Gerindra kian menguat menjelang Pemilu 2024 dan diprediksi bakal meraup 13,6 persen suara jika pemilu legislatif dilakukan hari ini.

Posisi Gerindra bertengger di posisi kedua dan meninggalkan sejumlah partai lain seperti Golkar, NasDem, Demokrat hingga PPP. 

Tak hanya itu, survei tersebut juga memperlihatkan grafik elektabilitas Gerindra yang terus meningkat dari masa ke masa. 

Pada Maret 2022, Populi Center mencatat elektabilitas Gerindra sebesar 11,6 persen. Angka tersebut kemudian meningkat pada Juli 2022 dengan angka 13 persen.

Pada Oktober 2022, elektabilitas sedikit menurun di angka 12,6 persen, namun kembali melejit menjadi 13,6 persen pada Februari 2023.

Dengan kokohnya posisi Gerindra menjadi dua besar partai dengan elektabilitas paling kuat, Populi Center mencatat hal ini juga selaras dengan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang terus meningkat.

Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) menjelang Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News