Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Airlangga dan Partai Golkar Teratas

Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Airlangga dan Partai Golkar Teratas
Bendera Partai Golkar. Ilustrasi. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Laboratorium Suara Indonesia merilis hasil survei tentang persepsi masyarakat terhadap sejumlah isu nasional.

Salah satunya adalah untuk mengetahui ke mana arah preferensi masyarakat pada Pemilu 2024.

Partai politik apa yang berpeluang menangguk suara terbanyak dalam pemilu nanti? Siapa tokoh yang paling berpotensi dipilih publik pada pilpres nanti?

Hasilnya, Partai Golkar dan Ketua umumnya yakni Airlangga Hartarto berada di urutan teratas.

“Ketika responden ditanya dengan pertanyaan terbuka partai politik yang akan dipilih jika pemilu digelar hari ini, Golkar menjadi partai yang paling banyak dipilih yakni sebanyak 19,1 persen,” kata Direktur Eksekutive Laboratorium Suara Indonesia Albertus Dino dalam keterangan tertulis diterima Minggu (13/3/22).

Di urutan kedua bertengger partai pemenang pemilu tahun 2019 yakni PDI Perjuangan dengan perolehan elektabilitas 18,3 persen. Lalu di posisi ketiga Partai Gerindra dengan perolehan 18,1 persen

"Di urutan keempat ada Nasdem dengan angka 7,2 persen, disusul PKS dengan 6,6 persen, dan PKB 5,2 persen," kata Albertus.

Selanjutnya Partai Demokrat meraih 4,2 persen, lalu Perindo 2,4 persen, diikuti PAN 1,9 persen, PRIMA 1,8 persen, PPP 1,4 persen, Partai Garuda 1,2 persen,  PBB 1,1 persen, Partai Gelora 1,1 persen, PSI 1,1 persen, Partai Hanura 0,8 persen, Partai Ummat 0,4 persen, dan Partai Berkarya 0,1 persen. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab 24,1 persen.

Hasil survei terbaru dari Laboratorium Suara Indonesia menunjukkan Partai Golkar dan Ketua umumnya yakni Airlangga Hartarto berada di urutan teratas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News