Hasil Survei Terbaru: Masyarakat Inginkan Bahtiar Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Hasil Survei Terbaru: Masyarakat Inginkan Bahtiar Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Polpum Kemendagri) Bahtiar. Foto: dok. Ditjen Polpum Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Indonesia Political Power terkait Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, nama Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar memperoleh posisi teratas.

Sebagai teknokrat Bahtiar dinilai cocok menggantikan posisi Anies Baswedan hingga 2024 nanti.

Berdasarkan temuan hasil survei tersebut, masyarakat menginginkan Bahtiar sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta dengan hasil 37 persen untuk kriteria tidak terikat kepentingan politik dan sebagai teknokrat.

Kemudian posisi kedua disusul oleh Sekda DKI Jakarta Marullah sebanyak 24 persen, lalu terakhir di posisi ketiga ada nama Kepala Sekretariat Presiden (KSP) Heru Budi Hartono 8 persen, dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab.

Pendiri Indonesia Political Power (IPP) Ikhwan Arif menjelaskan pilihan masyarakat DKI Jakarta terhadap Pj Gubernur DKI Jakarta tidak ditentukan oleh kepentingan politik di lingkaran politik Anies Baswedan maupun di lingkarkan pemerintah pusat Presiden Jokowi.

Hal ini dibuktikan persentase pilihan hingga 28 persen tidak terikat kepentingan politik di lingkarkan politik Anies Baswedan dan Presiden Jokowi, kemudian netralitas pemilih dari pola masa lalu sebanyak 13 persen.

“Berdasarkan hasil survei ini, kami lihat Pak Bahtiar sebagai teknokrat yang tidak terikat dari kepentingan politik baik itu di lingkarkan politik Pak Anies maupun di lingkarkanya Pak Jokowi. Kemudian ada gambaran atau pola politik DKI yang sangat jelas. Publik di DKI tidak menginginkan polarisasi tajam,” ujar Ikhwan Arif, Jumat (7/10/2022).

Begitu juga ketika responden mendapat pertanyaan bila diberi suara untuk memilih penjabat, masyarakat masih konsisten menjawab Bachtiar pada posisi teratas dengan persentase 43 persen disusul Marullah 27 persen.

Hasil survei Indonesia Political Power terkait Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, nama Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar memperoleh posi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News