Hati-hati Berpose Karena Bisa Diakali

Hati-hati Berpose Karena Bisa Diakali
Hati-hati Berpose Karena Bisa Diakali

jpnn.com - JAKARTA -- Pakar Telematika Abimanyu Wahjoewidajat mengatakan belakangan beredar peringatan menggunggah foto di facebook, blackberry, path, khusus dengan busana putih karena gambarnya bisa ditelanjangi dengan fungsi x-ray pada photoshop dan hal itu sama sekali bukan bukan rekayasa foto.

Menurutnya, di FB saja ada lebih dari 1000 shares dan pasti secara viral akan berkembang secara viral effect menjadi puluhan ribu shares. Bahkan, disertai foto salah satunya ibu-ibu menggunakan mukena, kemudian bajunya dibuat sedikt tembus pandang.

"Yang katanya dibuat pakai ponsel biasa, tanpa menggunakan kamera x-ray melainkan cukup dengan fungsi x-ray pada photoshop," ungkap Abimanyu, Selasa (5/11).

Menurut Abimanyu, info tersebut sebagian ada benarnya. Namun, hal itu bisa menimbulkan kekhawatiran berlebihan di masyarakat.

Karenanya, Abimanyu merasa perlu menjelaskan beberapa hal terkait peringatan yang beredar luas di masyarakat itu.

Ia menjelaskan, memang benar ada trik untuk bisa "menelanjangi" suatu foto dengan cara x-ray. Akan tetapi itu bukan murni menelanjangi melainkan melakukan trik x-ray effect.

Menurut dia, dikatakan bahwa yang bisa ditelanjangi adalah baju putih. Akan tetapi, Abimanyu membuktikan bahwa pada baju hitam, merah dan biru sekalipun bisa dilakukan hal yang sama.

"Saya perlu konfirmasikan bahwa tidak semua pakaian bisa "ditelanjangi" melainkan perlu ada kondisi tertentu seperti unsur cahaya blitz (flash), karakter bahan, ketebalan dan kerapatan tenunan, posisi tubuh, dan lain-lain," terangnya.

JAKARTA -- Pakar Telematika Abimanyu Wahjoewidajat mengatakan belakangan beredar peringatan menggunggah foto di facebook, blackberry, path, khusus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News