Hati - Hati, Sering Kena Bully di Kantor Bisa Bikin Karyawan Alami Serangan Jantung

Hati - Hati, Sering Kena Bully di Kantor Bisa Bikin Karyawan Alami Serangan Jantung
Stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - LINGKUNGAN tempat kerja yang tidak bersahabat akan memengaruhi kondisi kesehatan pekerjanya. Potensi karyawan terhadap penyakit kardiovaskular (CVD) akan makin besar di lingkungan kerja yang keras.

Rupanya, orang-orang yang ditindas atau mengalami kekerasan di tempat kerja jauh lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular daripada individu yang nyaman bekerja.

Pekerja yang diganggu di tempat kerja mereka adalah 59 persen lebih mungkin didiagnosis menderita penyakit jantung atau dirawat di rumah sakit karena serangan jantung.

"Jika kita bisa menghilangkan bullying dan kekerasan di tempat kerja, maka dampak pada pencegahan penyakit kardiovaskular akan sama dengan jika kita mencegah diabetes dan minum alkohol berisiko," kata penulis studi terkemuka, Tianwei Xu dari University of Copenhagen di Denmark, seperti dilansir laman India Times.

Kondisi kerja yang sulit, termasuk ketegangan pekerjaan dan jam kerja yang berlebihan, telah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Namun, penelitian sampai saat ini belum memberikan gambaran yang jelas tentang peran apa yang mungkin dimainkan oleh bullying dan kekerasan.

Namun, stres akibat bullying dan kekerasan mungkin berkontribusi pada gangguan suasana hati seperti kecemasan, depresi atau perilaku yang tidak sehat seperti merokok atau makan dan minum terlalu banyak.

Stres yang parah juga bisa berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pekerja yang merasa ditindas atau mereka yang mengalami ancaman kekerasan di tempat kerja harus mencari dukungan demi menjaga kesehatan jantungnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News