Hatta Klaim Tujuh Lembaga Riset Sudah Lakukan Banyak Hal

Hatta Klaim Tujuh Lembaga Riset Sudah Lakukan Banyak Hal
Hatta Klaim Tujuh Lembaga Riset Sudah Lakukan Banyak Hal

jpnn.com - JAKARTA – Calon wakil presiden Hatta Rajasa mengatakan saat ini terdapat tujuh lembaga riset dan tekologi yang berada di bawah Kementerian Riset dan Tekonologi (Kemenristek), di mana masing-masing memiliki kompetensi yang berbeda.

Selama ini ketujuh lembaga tersebut menurut Hatta, telah melakukan banyak hal, namun perlu untuk terus ditingkatkan.

Hatta yang mendampingi calon presiden Prabowo Subianto pada pemilihan presiden 2014 ini mencontohkan, seperti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dinilai telah melakukan banyak riset mendasar. Sementara Badan Penerapan dan Pengembangan Teknologi (BPPT), yang merupakan badan pengkajian, berperan menjadi clearing house tekonologi di Indonesia.

“Demikian juga dengan BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), telah melakukan riset nuklir yang sangat maju dalam bidang ilmu kedokteran. Kita tidak perlu memaksakan tujuh lembaga melakukan riset. Yang penting bagaimana output lembaga tersebut dapat terdifusi dalam sektor-sektor yang bisa memberi manfaat,” katanya dalam debat calon wakil presiden yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6) malam.

Untuk mengembangkan hasil riset, mantan Menristek ini menyarankan ke depan perlu adanya peningkatan kerjasama lembaga riset dengan perguruan-perguruan tinggi.

Namun jawaban ini belum membuat puas calon wakil presiden Jusuf Kalla. Menurutnya, peran Kemenristek selama ini belum berjalan dengan baik. Bahkan hasil yang baik belum terlihat sehingga Indonesia kebanjiran teknologi dari luar negeri.

“Akuntabilitas dari lembaga riset harus terjamin. Kalau ingin tingkatkan biaya, tahu apa yang dicapai. Mereka (lembaga yang ada di bawah Kemenristek) berbeda, tapi harus terkoordinasi. Dan itu peran menristeknya yang melakukan,” katanya.

Menanggapi pandangan tersebut, Hatta yang juga mantan menristek itu dengan tegas menyatakan selama ini Kemenristek telah melakukan tugas mengkoordinir ketujuh lembaga riset dengan baik. Namun ia setuju pengembangan riset terhadap tujuh bidang perlu dilakuan dengan lebih baik.

JAKARTA – Calon wakil presiden Hatta Rajasa mengatakan saat ini terdapat tujuh lembaga riset dan tekologi yang berada di bawah Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News