Heboh Kasus Ratna Sarumpaet tak Akan Bertahan Lama

Heboh Kasus Ratna Sarumpaet tak Akan Bertahan Lama
Pasangan bakal capres - cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banyak kalangan menduga kebohongan Ratna Sarumpaet bakal menggerus elektabilitas pasangan Prabowo – Sandi.

Namun, hal itu dibantah Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan. Menurutnya, meski kasus tersebut sempat memancing perhatian publik, kecil kemungkinan kabar hoaks yang disampaikan Ratna berpengaruh signifikan terhadap elektabilitas Prabowo-Sandi.

Djayadi menyebut kasus Ratna tidak akan berpengaruh besar terhadap Prabowo - Sandi. Sebab, para pemilih Prabowo - Sandi merupakan kelompok di luar Joko Widodo.

’’Malah makin belain. Mengapa? Karena pemilih Prabowo itu cenderung pemilih yang anti-Jokowi. Apa pun yang dilakukan Prabowo, mereka akan melakukan pembenaran,’’ kata Djayadi.

Karena itu, dia sangat yakin dinamika kasus Ratna tidak akan bertahan lama. Sementara itu, pemilihan presiden masih enam bulan lagi.

’’Karena ini enggak berkaitan dengan isu ekonomi. Kalau ini berkaitan, bisa panjang. Ini isu fundamental. Comes and go. Dugaan saya tidak terlalu lama bertahan,’’ jelasnya.

Prabowo - Sandi bisa memanfaatkan waktu enam bulan itu untuk meningkatkan citra diri. Kemungkinan lain yang bisa membalik permainan adalah bila isu hoaks juga menerpa kubu petahana.

’’Isu seperti ini kan timbul tenggelam. Bisa jadi nanti isu serupa menimpa kubu Jokowi. Hal ini akan membuat keadaan berimbang,’’ katanya.

Pengamat politik Djayadi Hanan yakin kasus kebohongan Ratna Sarumpaet tidak akan bertahan lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News