Heri Budianto Apresiasi Pemprov Sumsel Mengatasi PMK pada Ternak Lewat Vaksinasi

Heri Budianto Apresiasi Pemprov Sumsel Mengatasi PMK pada Ternak Lewat Vaksinasi
Ketua DPP Perindo Bidang Kebijakan Publik Dr. Heri Budianto. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Perindo Bidang Kebijakan Publik Dr. Heri Budianto mengapresiasi langkah Pemrov Sumatera Selatan (Sumsel) yang bergerak cepat telah melaksanakan vaksinasi pada ternak untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) di sejumlah wilayah di Sumsel.

“Kami mengapresiasi langkah Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel melaksanakan vaksinasi pada ternak untuk mencegah PMK sehingga memberikan rasa aman dan kepastian usaha bagi peternak,” ujar Heri Budianto dalam keterangan tertulis pada Kamis (30/6).

Lebih lanjut Heri Budianto mengatakan vaksinasi ini bukan hanya berusaha mencegah dan memberantas mata rantai virus dan bakteri PMK, tetapi juga sebagai bukti hadirnya negara untuk melindungi dan memberi rasa aman bagi peternak.

Vaksinasi tersebut dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel memang ditujukan kepada ternak anakan sapi karena masa hidup dan ekonomi lebih panjang.

“Vaksinasi memang bukan sapi siap kurban karena sapi itu sebentar lagi dipotong. Jadi, masa hidup pendek. Vaksinasi ini lebih diperlukan bagi sapi anakan dan sapi penggemukan agar peternak dapat memaksimalkan nilai ekonominya,” kata Heri Budianto yang juga Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta.

Untuk diketahui, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi merugikan peternak sapi, kerba,  dan kambing di Sumatera Selatan.

Hal membuat warga waswas untuk melakukan ibadah kurban. Datangnya hari raya Iduladha memang membuat permintaan sapi meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Untuk mengatisipasi hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel  telah menyalurkan 12.200 dosis yang didrop pemerintah pusat ke Sumsel.

Heri Budianto mengapresiasi langkah Pemrov Sumsel yang bergerak cepat melaksanakan vaksinasi untuk mengatasi penyakit mulut dan kulit pada ternak di Sumsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News