Hey Ladies, Ini Loh Efek Negatif dari Selfie

Hey Ladies, Ini Loh Efek Negatif dari Selfie
Wanita cantik sedang selfie. Foto: purch

jpnn.com - Fenomena selfie membuat meningkatnya jumlah orang yang beralih ke ahli bedah plastik. Menurut sebuah penelitian di jurnal JAMA Facial Plastic Surgery, mereka menginginkan adanya perubahan pada hidung mereka.

"Terlepas dari kemudahan selfie yang bisa dilakukan, jarak kamera yang pendek menyebabkan distorsi wajah karena proyeksi, terutama peningkatan dimensi hidung," laporan tersebut menyatakan.

Pada penelitian Nasal Distortion in Short-Distance Photographs: The Selfie Effect menemukan bahwa memotret diri Anda dari jarak sekitar 12 inci mendistorsi wajah Anda dan membuat dasar hidung tampak sekitar 30 persen lebih lebar dan ujung hidung 7 persen lebih lebar daripada saat mengambil foto 5 kaki jauhnya

Karena distorsi ini, ahli bedah plastik telah melaporkan peningkatan pada pasien yang meminta adanya perubahan pada hidung mereka dengan harapan agar diri mereka terlihat lebih baik.

Menurut sebuah jajak pendapat tahun 2017 oleh American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgeons, 55 persen ahli bedah plastik wajah melaporkan bahwa pasien ingin tampil lebih baik saat di foto, meningkat dari 13 persen di tahun 2016.

Boris Paskhover, ahli bedah plastik wajah di Rutgers University dan salah satu penulis makalah tersebut mengatakan bahwa pasien akan datang untuk meminta agar kontur hidung mereka diperbaiki, dengan mengatakan bahwa hidung mereka terlihat terlalu besar pada foto.

"Selfies membuat hidung Anda terlihat lebih lebar dan tebal, padahal sebenarnya tidak. Ketakutan saya adalah bahwa generasi di luar sana sekarang tidak tahu. Yang mereka tahu hanyalah selfie," kata Paskhover, seperti dilansir laman MSN.

Dalam penelitian tersebut, peneliti mengambil dua foto subjek, satu dari jarak 12 inci dan satu dari jarak 5 kaki jauhnya.

Fenomena selfie membuat meningkatnya jumlah orang yang beralih ke ahli bedah plastik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News