Hey Ladies, Lakukan Ini Agar Terhindar Risiko Sakit Jantung

Hey Ladies, Lakukan Ini Agar Terhindar Risiko Sakit Jantung
Ilustrasi pekerjaan rumah. Foto: foodstory.stirileprotv.ro

jpnn.com, JAKARTA - Meluangkan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga mungkin bukanlah sesuatu yang Anda harapkan.

Namun, tidak ada salahnya Anda melakukannya. Sebab, sebuah studi baru menemukan bahwa hanya 30 menit sehari untuk bergerak, melakukan sesuatu seperti pembersihan, daripada duduk bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 24 persen.

Peneliti dari Institut Karolinska di Swedia menganalisis tingkat aktivitas fisik pada 1.200 peserta selama periode 15 tahun.

Selama rentang waktu penelitian, jelas bahwa olahraga pada umumnya bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan.

Namun, tugas sehari-hari yang rendah intensitasnya juga bisa dilakukan.

"Sebuah studi masa lalu yang menunjukkan bahwa duduk selama lebih dari 10 jam sehari bisa menyebabkan risiko kematian dini 2,5 kali lebih tinggi daripada mereka yang duduk kurang dari 6,5 jam dalam satu hari. Itulah mengapa sangat penting untuk mengambil sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengubah statistik tersebut," kata penulis studi Ing-Mari Dohrn, PhD, seperti dilansir laman MSN.

Di atas manfaat melakukan setengah jam pekerjaan rumah tangga, para periset juga menemukan bahwa latihan intensitas tinggi hanya 10 menit mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 38 persen dan 30 menit mengakibatkan penurunan sebesar 77 persen.

Sementara penelitian yang lebih luas diperlukan untuk menarik korelasi langsung antara indikator, aktivitas fisik dan gerakan intensitas rendah yang pasti tidak akan merugikan hati Anda.(fny/jpnn)

Tahukah Anda bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga secara ilmiah bisa mengurangi risiko penyakit jantung?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News