Hilal Awal Ramadan Sudah di Atas Ufuk, Rukyat di 86 Titik Seluruh Indonesia

Hilal Awal Ramadan Sudah di Atas Ufuk, Rukyat di 86 Titik Seluruh Indonesia
Memantau Hilal. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan melaksanakan sidang isbat awal Ramadan 1442 H pada 12 April 2021 M secara daring dan luring.

Menurut Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, pelaksanaan sidang isbat itu sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya dalam kalender Hijriah. Misalnya, sidang isbat awal Ramadan digelar pada 29 Syaban, awal Syawal digelar 29 Ramadan.

"Sidang isbat akan diawali dengan seminar posisi hilal awal Ramadan dan pelaksanaan rukyatulhilal," kata Kamaruddin di Jakarta, Kamis (1/4).

Menurut Kamaruddin, secara hisab, posisi hilal awal Ramadan sudah di atas ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit.

Hasil hisab itu kemudian dikonfirmasi melalui rukyatulhilal yang akan digelar di 86 titik, seluruh Indonesia.

"Di Jakarta, rukyatulhilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol," ucapnya.

Sidang isbat akan melibatkan tim unifikasi kalender hijriah Kemenag, dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan undangan lainnya.

Kemenag akan melaksanakan sidang isbat penentuan awal Ramadan pada 12 April yang digelar luring dan daring.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News