Hindari Depresi, Ini Pentingnya Curhat dengan Orang Terdekat

Hindari Depresi, Ini Pentingnya Curhat dengan Orang Terdekat
Depresi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Psikolog Klinis Oriza Sativa menjelaskan pentingnya bagi seseorang mencurahkan hati kepada orang-orang terdekat untuk menghindari depresi.

Dia mengatakan definisi seseorang yang sehat mental, yaitu memiliki sahabat alias orang terdekat, meskipun hanya satu orang.

Menurut Oriza, sahabat diperlukan sebagai teman yang bisa mendengarkan keluh kesah sehingga mengurangi beban emosional dalam diri seseorang.

"Masalahnya selesai enggak? Enggak, tetapi paling tidak kita bisa mencurahkan unek-unek," kata Oriza kepada JPNN.com, Minggu (5/12).

Oriza pun mengungkapkan banyaknya kasus remaja yang mengalami depresi hingga menyakiti dirinya sendiri, dan tidak mencurahkan perasaannya kepada orang-orang terdekat.

"Banyak sekali remaja, itu, tidak melakukan curhat, malah sibuk untuk self harm. Mereka cutting, mereka jedotin kepala, mereka gigit badannya, banyak sekali," ujar Oriza.

Oleh karena itu, dia mengimbau generasi muda untuk tidak mencurahkan hatinya di media sosial (medsos).

Sebab, katanya, tidak ada yang bisa mencegah respons publik terhadap isi curhat melalui medsos.

Psikolog Klinis Oriza Sativa menjelaskan pentingnya seseorang untuk curhat dengan orang terdekat guna menghindari depresi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News