Hindari Kepadatan Arus Balik Lebaran, Begini Imbauan Menhub untuk Pemudik

Hindari Kepadatan Arus Balik Lebaran, Begini Imbauan Menhub untuk Pemudik
Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 di lantai 7 Gedung Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Foto: Mercurius Thomos Mone/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar memilih waktu yang tepat untuk balik dari mudik Lebaran 2022.

Masyarakat disarankan agar kembali sebelum atau setelah puncak arus balik yang diprediksi pada 6 sampai 8 Mei untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Menhub Budi mengatakan, ada dua titik utama kepadatan arus balik yang diwaspadai.

Yaitu, tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

"Masyarakat disarankan untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik pada 6, 7, dan 8 Mei 2022 . Kalau cuti bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah 8 Mei,” ujar Budi, Selasa (3/5).

Menteri asal Palembang, Sumatera Selatan, tersebut menyatakan bahwa masyarakat tidak boleh memaksakan diri untuk menggunakan rest area di tol jika sudah penuh.

Selain itu, hindari berhenti di bahu jalan karena membahayakan keselamatan dan mengakibatkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat dan bisa istirahat di tempat-tempat yang disiapkan. Di sana lebih aman dan leluasa,” ujar Budi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar memilih waktu yang tepat untuk balik dari mudik Lebaran 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News