HMI Jakarta Dukung Anies Setop Reklamasi

HMI Jakarta Dukung Anies Setop Reklamasi
Reklamasi. Foto: Indopos

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum HMI Cabang Jakarta Pusat dan Jakarta Utara Adim Rajak mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menghentikan reklamasi Teluk Jakarta. Pasalnya, reklamasi dinilai merusak ekosistem, termasuk ekonomi para nelayan.

"Kebijakan Anies-Sandi untuk menghentikan reklamasi sudah tepat dan patut didukung," ujar Adim dalam diskusi publik bedah reklamasi dengan tema Analisis Pemanfaatan Pulau C dan D Untuk Kemaslahatan Warga Jakarta di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11).

Adim juga menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk memanfaatkan pulau-pulau yang sudah terlanjur dibangun. Dua diantaranya adalah Pulau C dan Pulau D, yang memang telah berbentuk daratan.

"Karena akan lebih berguna jika Pulau C dan D diperuntukan bagi masyarakat dan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi warga sekitar, daripada dibiarkan mangkrak," kata dia.

Menurutnya, pemanfaatan Pulau C dan D bisa dialihkan untuk program DP Rumah 0 Rupiah. Dengan begitu, janji Anies-Sandi kepada masyarakat dapat terpenuhi.

"Azas manfaat untuk pulau reklamasi patut menjadi perhatian Anies-Sandi," kata dia.

Sementara itu, pengamat kebijakan publik Reza Hariadi menjelaskan, persoalan reklamasi memang sudah seharusnya segera dituntaskan. Dia menilai, Anies akan membawa masalah jika proyek reklamasi tidak diselesaikan.

"Pemerintah pusat harus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menuntaskan persoalan reklamasi. Jangan hanya menerapkan kebijakan sepihak melalui Menko Kemaritiman kemudian mengabaikan kebijakan oleh pemimpin daerah," kata dia.

HMI juga menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk memanfaatkan pulau-pulau yang sudah terlanjur dibangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News