Hmmm... Popularitas Fadli Zon di Jabar Masih di Bawah Aceng Fikri

Hmmm... Popularitas Fadli Zon di Jabar Masih di Bawah Aceng Fikri
Fadli Zon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ada hal menarik dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang peluang sejumlah figur dalam bursa calon gubernur Jawa Barat. Setidaknya ada 28 nama yang muncul dalam survei SMRC untuk Pilkada Jabar 2018.

Di antara nama yang muncul adalah Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Namun, popularitas wakil ketua umum Partai Gerindra itu memang hanya di peringkat ke-12.

Bahkan, posisi Fadli Zon masih di bawah mantan Bupati Garut Aceng Fikri. Nama Aceng sempat melambung saat dilengserkan dari kursi bupati gara-gara nikah siri beberapa waktu lalu.  

"Kepada responden kami menanyakan apakah tahu atau pernah dengar nama tokoh-tokoh yang ada. Hasilnya, yang menyatakan tahu dengan Fadli Zon hanya mencapai 26 persen. Dari jumlah tersebut yang meyatakan suka hanya 48 persen," ujar Direktur Riset SMRC Deni Iryani saat merilis hasil survei di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (13/7).

Menurut Deni, popularitas Aceng lebih tinggi. Tercatat 43 persen responden menyatakan tahu nama mantan bupati yang kini menjadi senator itu.

Namun, hanya 29 persen responden yang menyukai Aceng. Untuk segi popularitas, nama KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym memang jauh lebih moncer.

"Dari popularitas, nama penceramah Abdullah Gymnastiar merupakan tokoh yang paling banyak dikenal responden. Mencapai 96 persen, di mana 80 persen dari jumlah tersebut menyatakan suka dengan Aa Gym," ucap Deni. 

Sedangkan di bawah Aa Gym ada nama Wakil Gubernur Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Dengan popularitas 92 persen, Dedi mengantongi tingkat disukai hingga 78 persen.

Ada hal menarik dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang peluang sejumlah figur dalam bursa calon gubernur Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News