HNW: Idulfitri dan Open House Bisa Menjadi Modal Sosial

HNW: Idulfitri dan Open House Bisa Menjadi Modal Sosial
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menggelar open house dalam rangka perayaan Idulfitri 1440 Hijriah. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menggelar open house di kediaman dinasnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (5/6). Sejumlah tamu hadir, di antaranya ialah perwakilan negara sahabat.

Open house sudah menjadi bagian dari tradisi di Indonesia. Ini momentum yang baik untuk mengukuhkan silaturahmi, menguatkan ikatan sebagai umat, dan sesama warga bangsa dengan latar belakang yang beragam.

"Orang Indonesia memang dikenal dengan sikap gotong royong, silaturahim, saling mengunjungi, saling bertamu," kata Hidayat.

Menurut Ustaz HNW, dalam momentum Idulfitri ini, silaturahmi tidak sekadar bertamu biasa, tetapi juga mempunyai nilai spiritualitas. "Ini modal sosial yang sangat penting bagi Indonesia yang perlu dikembangkan," katanya.

BACA JUGA: Munajat Ustaz HNW agar Ramadan Menyejukkan Indonesia setelah Pemilu

Menurut dia, mungkin tanpa momentum silaturahmi, Idulfitri dan open house, sebagian orang enggan minta maaf atau bertemu. Karena itu, kata HNW, lewat momentum Idulfitri yang melibatkan banyak orang maka tidak ada ewuh pakewuh atau berat meminta maaf. "Karena itu momentum ini penting menjadi bagian dari khazanah khas Indonesia yang menguatkan hubungan sosial," ujarnya

HNW bersyukur karena Idulfitri tahun ini bisa dilaksanakan bersama-sama. Menurut dia, hal ini bisa menjadi modal sosial.

"Kita berbhineka tetapi eka juga. Ada rukyah, hisab, beragam tetapi satu. Ini penting sebagai modal sosial untuk 11 bulan ke depan sampai bertemu Ramadan yang akan datang," paparnya.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menggelar open house di kediaman dinasnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (5/6). Sejumlah tamu hadir, di antaranya ialah perwakilan negara sahabat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News