HNW Mendukung Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional untuk KH Ahmad Sanusi

HNW Mendukung Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional untuk KH Ahmad Sanusi
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyosialisasikan Empat Pilar MPR secara daring, Senin (28/9). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mendukung penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada pejuang kemerdekaan sekaligus ulama asal Sukabumi, Jawa Barat, KH. Ahmad Sanusi.

Kiai Ahmad Sanusi adalah anggota BPUPKI. Dia merupakan pendiri organisasi Persatuan Umat Islam dan sempat ditahan oleh kolonialis Belanda. Keterlibatannya dalam upaya-upaya perlawanan terhadap penjajah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia sangat nyata.

"Teman beliau di BPUPKI Ki Bagus Hadikusumo sudah terlebih dahulu mendapatkan gelar pahlawan nasional, pada 2010. Karena itu sudah sepatutnya jika KH Ahmad Sanusi juga mendapat gelar pahlawan nasional, sebagai penghargaan atas darmabakti serta perjuangannya bagi kemerdekaan Indonesia," kata Hidayat Nur Wahid.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR di kalangan masyarakat Sukabumi, yang berlangsung secara daring pada Senin (28/9). Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama MPR dengan Yayasan Persaudaraan itu berlangsung di Sekretariat Yayasan Persaudaraan Jl. Pasar Baru Cisaat Sukabumi.

Forum itu juga menghadirkan narasumber anggota MPR RI  Slamet dan tokoh masyarakat Sukabumi TB. Soenmandjaja. Ikut hadir pada acara tersebut Ketua Yayasan Persaudaraan H. M. Shodiqin. Selain di gelar di Kecamatan Cisaat, Sosialisasi itu juga diselenggarakan secara daring di lima tempat berbeda. Yaitu, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Cicurug, Cibadak,  Sagaranten dan Surade.

Menurut legislator yang beken disapa dengan inisial HNW ini, pemberian gelar pahlawan nasional kepada Kiai Ahmad Sanusi diharapkan bisa mendorong  warga Sukabumi, khususnya generasi millenial agar lebih mengenal para pahlawan. Setelah itu, diharapkan akan timbul rasa cinta yang semakin besar terhadap hasil-hasil perjuangan para pejuang kemerdekaan.

"Sosialisasi Empat Pilar adalah kegiatan yang di dalamnya juga terkandung maksud melanjutkan upaya-upaya perjuangan kemerdekaan yang dulu dilakukan oleh para pahlawan, termasuk KH Ahmad Sanusi. Karena itu kita patut menjaga dan melanjutkan perjuangannya, bukan malah merusaknya," kata HNW.

Semangat dan nilai-nilai yang disampaikan dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR, katanya, sesuai dengan nilai-nilai perjuangan para pahlawan. Karena Sosialisasi tersebut ikut melestarikan hasil-hasil yang diperoleh secara susah payah dalam perjuangan para pahlawan.

KH Ahmas Sanusi merupakan pejuang kemerdekaan sekaligus anggota BPUPKI dan pendiri organisasi Persatuan Umat Islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News