HNW Minta Pemerintah Perhatikan Saran MUI Terkait Penanganan Covid-19

HNW Minta Pemerintah Perhatikan Saran MUI Terkait Penanganan Covid-19
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid mengapresiasi peran MUI dan organisasi keagamaan lainnya yang dalam beberapa waktu terakhir telah mengimbau umat masing-masing agar berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan beribadah di rumah.

Namun, Hidayat Nur Wahid atau HNW mendesak pemerintah agar menindaklanjuti upaya dari berbagai organisasi keagamaan tersebut.

“Tidak efektif jika MUI dan yang lainnya sudah mengeluarkan fatwa atau panduan untuk fokus beribadah di rumah, sedangkan pemerintah tidak fokus membuat kebijakan yang efektif untuk mengatasi masalah Covid-19, yang oleh pemerintah dinyatakan sebagai bencana nasional non-alam,” tegas Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (29/3).

Oleh karenanya, HNW yang juga merupakan Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menyarankan pemerintah segera mengikuti saran MUI pada hari Minggu (29/3) agar memprioritaskan dan fokus mengatasi pandemi Covid-19.

HNW mengingatkan pemerintah agar tidak membuat galau dan gaduh rakyat dengan program-program tidak prioritas seperti pembangunan atau pemindahan ibu kota.

“Baik para pemuka agama hingga pemerintah daerah sudah berupaya sekuat tenaga mencegah dampak terburuk dari Covid-19. Maka supaya segala upaya itu efektif dan tidak sia-sia agar pemerintah segera melakukan lockdown total atau pun lokal sesuai pertimbangan para ahli.

Menurutnya, anggaran yang tidak urgen seperti triluunan anggaran kementerian untuk kunjungan dinas yang tak urgen, sebagaimana pernah disebut Presiden Jokowi, sebaiknya segera direalokasi untuk fokus mengatasi teror Covid-19, dengan segera mengajukan perubahan APBN ke DPR. Demikian juga proyek ibu kota baru, yang tak ada dalam janji kampanye agar tak mengalahkan fokus pemerintah dan APBN-nya untuk selamatkan Rakyat dan NKRI dari teror Covid-19.

“Bila memang ada anggaran-anggaran tersebut agar direalokasi untuk fokus menopang kesehatan dan kesejahteraan rakyat selama bencana nasional Covid-19 ini,” tutur HNW.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengapresiasi peran MUI dan organisasi keagamaan lainnya yang telah mengimbau umat masing-masing agar berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan beribadah di rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News