Hollywood Mulai Ditinggalkan Produser Film

Hollywood Mulai Ditinggalkan Produser Film
Foto: REUTERS
LOS ANGELES - Krisis finansial global semakin erat mencengkeram Negara Bagian California. Setelah menyatakan diri pailit dan gagal membayar gaji ribuan pegawai negerinya, wilayah yang dipimpin Arnold Schwarzenegger itu juga terancam kehilangan sumber pendapatan daerah terbesarnya, Hollywood.

Beberapa tahun terakhir, insan perfilman dunia mulai enggan memproduksi film di Hollywood. Akibatnya, pendapatan California dari sektor tersebut berkurang drastis. Christian Science Monitor melaporkan, pembuatan film di California turun hingga 50 persen pada 2003 hingga 2008. Sebaliknya, frekuensi syuting film di tempat lain justru meningkat.

"Tren penurunan itu terjadi saat wilayah (negara bagian) lain gencar mengampanyekan dan mempromosikan lokasi mereka untuk pembuatan film dan drama TV," ujar Amy Lemisch, executive director Komisi Perfilman California, kemarin (2/3). Di antaranya, New Mexico, Louisiana, dan Michigan. Demikian juga Kanada dan Australia.

Pergeseran lokasi syuting itu membuat California semakin sekarat. Apalagi, lokasi-lokasi syuting baru tersebut memberikan iming-iming pajak ringan kepada produsen film, baik layar lebar maupun layar kaca. Kerugian negara bagian berpenduduk terpadat di Amerika Serikat (AS) itu diperkirakan mencapai USD 10 miliar (sekitar Rp 121,3 triliun) per tahun.

LOS ANGELES - Krisis finansial global semakin erat mencengkeram Negara Bagian California. Setelah menyatakan diri pailit dan gagal membayar gaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News