Hore! Panen Raya di Labuhan Batu Meningkat

Hore! Panen Raya di Labuhan Batu Meningkat
Panen raya di Labuhan Batu, Sumatera Utara. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LABUHAN BATU - Kodim 0209/ Labuhan Ratu dan Dinas Pertanian Labuhan Batu melakukan panen raya di kelurahan Ujung Bandar, Rantau Selatan, Jumat (2/2). Panen padi 1 hektare diluas hamparan 12 hektare.

Perasaan sangat puas dirasakan oleh Pak Torang Panjaitan. Sebab, hasil panen padinya seluas 1 hektar kali ini meningkat luar biasa dengan menggunakan varietas Inpari 32, sistem tanam jajar legowo 2:1.

Dengan penggunaan komponen dan pemupukan rekomendasi Jarwo Super, petani binaan PPL Ahmad Ridwan Lubis dan Babinsa pak J. Kudadiri ini, padinya menghasilkan produktivitas 8.4 ton/ha-nya.

"Saya puas sekali dengan adanya binaan Jarwo super ini, hasil panen saya meningkat, tidak biasanya saya mendapatkan 28 kaleng (336 kg) per rantenya (400 m2)" ujar pak Torang Panjaitan, anggota Gapoktan Damai ini.

PPL WKPP Lobusona Ahmad Ridwan Lubis dan PPL WKPP Kelurahan Ujung Bandar, Rantau Selatan, Mellany Mahardika menuturkan, jika 28 kaleng (336 kg) per rantenya (400 m2) didapatkan hasil maka padi pak Torang panjaitan ini mendapatkan hasil 8,4 ton/ha-nya.

"Ini hasil yang luar biasa, karena rata2 hasil padi disini setiap musimnya hanya menghasilkan 5 - 6 ton perhektar. Dan kamu bangga berkat bantuan dan binaan dari BPTP Sumut dalam kegiatan Jarwo super ini memberi hasil yang memuaskan," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Labuhan Batu dan Dandim 0209 Labuhan Batu dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Petani yang mau mengikuti program pemerintah terutama swasembada pangan UPSUS Pajale di Labuhan Batu.

Sinergi kegiatan antara PPL dan Babinsa dilapangan dalam pendampingan UPSUS Pajale adalah wujud koordinasi yang baik dalam mewujudkan kedaulatan, ketahanan dan swasembada pangan di Labuhan Batu.

Kodim 0209/ Labuhan Ratu dan Dinas Pertanian Labuhan Batu melakukan panen raya di kelurahan Ujung Bandar, Rantau Selatan, Jumat (2/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News