HP Android untuk Music Player

HP Android untuk Music Player
HP Android untuk Music Player

jpnn.com - SURABAYA - Menikmati musik jadi makin mudah dan asyik. Dengan perangkat teknologi bluetooth, mahasiswa Unika WM ini bisa menggunakan HP android untuk mengirim sekaligus memutar lagu ke music player.

Awalnya, ide itu berangkat dari pemakaian bluetooth pada telepon genggam. Yusak Soebandi, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala (Unika WM), lantas merancang aplikasi yang bisa mengatur pemutar musik lewat aplikasi android.

Alat tersebut mampu memudahkan pengguna HP android dalam mengoperasikan pemutar musik. "Jadi, pemutar musik bisa dikontrol lewat handphone berbasis android yang punya bluetooth," terangnya.

Caranya, nyalakan bluetooth di pemutar musik rakitan sendiri. Selanjutnya pengguna tinggal membuka aplikasi android pada telepon genggam. Bila bluetooth sudah sama-sama terhubung, pengguna bisa memutar semua lagu dari memori HP ke perangkat music player.

Perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth itu punya kemampuan melakukan pertukaran informasi tanpa kabel. Mulai 1 meter hingga 100 meter.

Mulanya Yusak menguji kemampuan rancangan alat tersebut dalam mengontrol music player yang telah diisikan ke dalam kartu memori SD card. Pengujian dilakukan dengan mengisikan empat judul lagu di memory external.

Uji coba dilanjutkan dengan menjalankan semua lagu dari awal hingga akhir secara berurutan. Dia juga memutar lagu secara tidak urut.

Aplikasi di HP android yang dia buat juga bisa melaksanakan beberapa perintah. Misalnya, stop, next, preview, dan volume up. (kus/c14/roz)


SURABAYA - Menikmati musik jadi makin mudah dan asyik. Dengan perangkat teknologi bluetooth, mahasiswa Unika WM ini bisa menggunakan HP android untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News