JPNN.com

HPN 2020: Presiden Jokowi Siapkan 17 Juta Bibit Pohon untuk IKN Baru

Sabtu, 08 Februari 2020 – 16:13 WIB
HPN 2020: Presiden Jokowi Siapkan 17 Juta Bibit Pohon untuk IKN Baru - JPNN.com
Presiden Jokowi usai melakukan penanaman pohon di rangkaian acara HPN 2020 di Banjarbaru, Kalsel, Sabtu (8/2). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANJARBARU - Presiden Jokowi memaparkan kembali tentang konsep ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur yang ramah lingkungan.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Menurut Jokowi, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah dengan dukungan perencanaan yang matang agar ibu kota baru bisa ramah lingkungan.

"Yang pertama dibangun adalah nursery (lokasi pembibitan). Akan ada 17 juta bibit disiapkan. Kami akan wujudkan ibu kota negara baru yang ramah lingkungan, smart city, semua kendaraan adalah listrik, ramah pejalan kaki, dan dekat dengan alam," ujar Jokowi di Banjarbaru, Kalsel, Sabtu (8/2).

Orang nomor satu di Indonesia ini menerangkan, masalah pemindahan ibu kota negara bukan sekadar memindahkan kantor dan manusia. Namun harus menunjukkan keunggulan sebagai suatu bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi mengatakan, peran pers menjadi sangat penting, terutama untuk menjaga situasi bangsa tetap kondusif.

"Negara butuh kehadiran pers untuk melawan kekacauan informasi, semburan fitnah dan hoaks yang mengancam bangsa. Masyarakat yang sehat adalah masyarakat yang mendapatkan informasi yang sehat. Karena itu ekosistem media harus dijaga," sambung Jokowi.

Terkait persiapan pemindahan ibu kota negara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutannan (KLHK) akan membangun pesemaian modern yang rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektare di Kalimantan Timur.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo