HPN 2022, Wapres Ma’ruf Amin Bicara Peran Digitalisasi

HPN 2022, Wapres Ma’ruf Amin Bicara Peran Digitalisasi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada perayaan HPN 2022, Senin (7/2). Foto: Dea Hardianingsih/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa digitalisasi memengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat sekarang ini.

Menurutnya, peran aktif masyarakat akan makin memperkuat kedaulatan di tengah berbagai tantangan yang muncul karena adanya digitalisasi.

"Hadirnya e-commerce pada sektor perdagangan, fintech dan e-payment pada sektor perbankan, edutech pada sektor pendidikan adalah bukti eksistensi digitalisasi pada sendi-sendi kehidupan kita," kata Wapres Ma’ruf Amin saat  memberikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional atau HPN 2022 yang digelar di Claro Hotel, Kendari, Sulawesi Tenggara, secara virtual, Senin (7/2). 

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah akan mewujudkan pelayanan publik secara digital. 

Digitalisasi memberikan peluang dan tantangan dalam kehidupan. 

Hal tersebut, tergantung pada cara manusia mengelola digitalisasi.

"Tidak berlebihan bila digitalisasi dikatakan turut mengubah praktik keseharian dalam ranah privat, publik, bahkan kehidupan berbangsa dan bernegara," tutur pria berusia 78 tahun itu.

Menurutnya, kemajuan teknologi tidak hanya memengaruhi kebiasaan para praktisi dan akademisi, tetapi juga arah kebijakan negara seperti bidang media, fiskal, pajak, perbankan, ketatanegaraan, dan sebagainya. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan peran digitalisasi terhadap kehidupan masyarakat pada acara HPN 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News