HPSN 2023, Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat Olah Sampah Organik

HPSN 2023, Menteri Siti Nurbaya Ajak Masyarakat Olah Sampah Organik
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengajak warga untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengajak warga untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.

Dia menyebutkan aksi ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mencapai target nasional penurunan gas emisi rumah kaca dan mendorong pengendalian perubahan iklim.

 "Melalui momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, hari ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan pengomposan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan mengubah mindset kita dalam mengelola sampah khususnya sampah organik yang berasal dari sisa makanan," kata Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat menyampaikan sambutan dalam acara 'Compost Day' di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (26/2). 

Hadir di acara itu Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah dan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK Rosa Vivien Ratnawati di lokasi.

Sementara, Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, Tri Tito Karnavian, hadir secara daring.

"Kegiatan itu diharapkan dapat menjadi momentum yang baik untuk pengolahan sampah organik yang lebih masif dalam rangka menuntaskan masalah sampah di Indonesia dengan partisipasi aktif masyarakat sejak dari sumber," lanjutnya. 

Dia juga menyebutkan pengelolaan sampah organik khususnya sisa makanan sangat penting dan perlu menjadi perhatian semua orang juga dalam upaya mencapai target zero waste

"Sudah saatnya sekarang kita meninggalkan pendekatan atau cara lama, kumpul, angkut, buang menitikberatkan pengelolaan sampah di TPA," jelasnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengajak warga untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News