Hujan Intensitas Tinggi Terjadi Sampai Agustus

Hujan Intensitas Tinggi Terjadi Sampai Agustus
Hujan yang mengguyur Kendari terus menerus selama dua hari terakhir, membuat Kali Wanggu di Lepolepo, Kendari meluap, hingga merendam puluhan rumah dan menggenangi jalan-jalan protokoler. Foto: Suwarjono/Kendari Pos/JPNN
KENDARI - Sebagian wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) akan terus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, dan terus terjadi hingga Agustus 2013. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memprediksi hujan yang terus terjadi di Sultra dan sekitarnya.

Staf BMKG Wilayah Maritim Kendari, Adi mengatakan bahwa iklim di Sultra mengalami kondisi tak lazim atau La Nina. Kata dia, peralihan musim hujan ke musim kemarau sudah tak normal lagi karena intensitas hujan yang terus yang sangat tinggi.

   

"Hampir seluruh wilayah Sultra juga akan terus terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan rata-rata 55 mm perhari , yang diakibatkan perubahan arah angin, dan permukaan air laut yang masih hangat hingga terus terjadi penguapan dan menimbulkan hujan (La Nina) yang disertai angin kencang, "ungkap Adi seperti yang dilansri Kendari Pos (JPNN Group), Rabu (17/7).

   

Adi menjelaskan fenomena La Nina tidak hanya terjadi di Sultra tapi juga sebagian besar wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. Intensitas hujan yang sedang hingga tinggi berpotensi menyebabkan terjadinya banjir dan longsor akibat konstruksi tanah yang basah.

   

KENDARI - Sebagian wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) akan terus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, dan terus terjadi hingga Agustus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News