Hujan Sejak Sabtu Dini Hari, Sejumlah Pintu Air Siaga Tiga

Hujan Sejak Sabtu Dini Hari, Sejumlah Pintu Air Siaga Tiga
Warga melihat kondisi Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/1). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kota Jakarta dan sekitarnya diguyur hujan sejak Sabtu (22/2) dini hari. Ketinggian air di sejumlah pintu air meningkat hingga berstatus siaga tiga banjir atau level waspada.

Berdasarkan Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dengan akun @BPBDJakarta, pada Sabtu, menyebutkan, pada pukul 04.00 WIB ketinggian muka air di pintu air Manggarai mencapai 795 sentimeter (cm).

Pintu air Karet mencapai 520 cm dengan kondisi mendung dan Pintu air Pasar Ikan mencapai 172 cm.

Sementara, Bendung Katulampa, Depok, pos Pesanggrahan, pos Krukut Hulu, pos Angke Hulu, Waduk Pluit, dan lainnya masih dalam status aman atau siaga IV.

Upaya yang telah dilakukan oleh BPBD DKI Jakarta dalam akunnya, adalah menyebarkan informasi kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai terkait tinggi muka air di pintu Air Manggarai dan Karet melalui media sosial, seperti Twitter, website dan WhatsApp.

BPBD DKI Jakarta juga memberikan informasi kepada camat dan lurah melalui WhatsApp Group Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Untuk Pintu Air Karet, wilayah yang perlu diantisipasi naiknya status siaga banjir yakni Grogol, Palmera, Kalianyar, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Petamburan dan Tomang.

Sedangkan Pintu Air Manggarai, wilayah yang perlu diantisipasi yakni Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan dan Tomang.

Ketinggian air di sejumlah pintu air di Jakarta meningkat hingga berstatus siaga tiga banjir atau level waspada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News