Humas Pemerintah Tak Hanya Bangun Citra, Tapi Juga Profesional

Humas Pemerintah Tak Hanya Bangun Citra, Tapi Juga Profesional
Mendagri Gamawan Fauzi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - HUMAS Pemerintah diminta tidak hanya berperan untuk membangun citra positif lembaga, tapi juga harus profesional dalam mengelola dan menyampaikan informasi penting pemerintahan kepada masyarakat.

Salah satunya, dituntut menjadi diseminator informasi kebijakan dan kegiatan masing-masing instansi pemerintahan.

Demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di depan seluruh peserta kegiatan Forum Koordinasi Kehumasan di Seluruh Indonesia yang dihadiri oleh para pejabat kehumasan pemerintah pusat dan daerah pada Provinsi, Kabupaten dan Kota, beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

“Upaya tersebut dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, melalui berbagai media dan sarana yang dimiliki,” kata Mendagri.

Selain itu, kata Mendagri, humas pemerintah juga harus bisa berperan sebagai komunikator dengan menjaga dinamika arus komunikasi antara pemerintah dan masyarakat maupun sebaliknya, sehingga dapat mengurangi distorsi komunikasi yang dapat mengganggu dalam penyampaian pesan-pesan maupun informasi kebijakan pemerintah.

“Peran sebagai komunikator dilakukan dengan cara membuka akses saluran informasi dan komunikasi dua arah antara instansi pemerintah serta publik,” papar Mendagri.

Tak kalah penting, sambung Mendagri, humas pemerintah juga berperan sebagai fasilitator dengan membuka ruang penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat yang merupakan hasil dari umpan balik atas informasi dan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

“Humas secara langsung maupun tidak, harus menyerap perkembangan situasi dan aspirasi masyarakat, karena hal itu menjadi masukan bagi pimpinan instansi pemerintah dalam pengambilan putusan,” tutur mantan Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini.

HUMAS Pemerintah diminta tidak hanya berperan untuk membangun citra positif lembaga, tapi juga harus profesional dalam mengelola dan menyampaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News