HUT ke-78 RI, Mentan Syahrul: Hadirkan Idealisme untuk Menjaga Pangan Nasional

HUT ke-78 RI, Mentan Syahrul: Hadirkan Idealisme untuk Menjaga Pangan Nasional
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memimpin upacara peringatan HUT ke-78 RI di halaman kantor pusat Kementan, Jakarta, Kamis (17/8). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan pertanian menjadi bagian penting dalam perjalanan Indonesia memperjuangkan kemerdekaan.

Menurutnya, pertanian juga menjadi andalan bagi bangsa dalam menghadapi setiap krisis yang dialami.

Untuk itu, para pelaku sektor pertanian, termasuk aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Pertanian (Kementan) pun diminta untuk menghadirkan idealismenya untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

“Hadirkan idealisme di dirimu. Idealisme harus tegak lurus kepada negara. Singkirkan kepentingan pribadi atau egosentris daerah. Kalau itu bisa kita lakukan, bangsa besar ini akan jaya,” pesan Mentan Syahrul saat memberikan sambutan pada upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di kantor pusat Kementan, Kamis (17/8).

Syahrul mengatakan pembangunan pertanian dalam 2,5 tahun terakhir ini menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan yang tidak biasa-biasa saja, yaitu pandemi Covid-19, dampak perubahan iklim ekstrem (El Nino), perang dagang Amerika-Tiongkok, dan geopolitical tension Rusia-Ukraina.

Namun, sektor pertanian terus membuktikan mampu menjadi bantalan perekonomian nasional.

“PDB Triwulan II 2020 tumbuh 16,24 persen, bahkan sejak tahun 2010 sektor pertanian konsisten menjadi kontibutor utama kedua PDB nasional,” sebut Mentan Syahrul.

Capaian lainnya adalah kinerja eskpor pertanian, Syahrul membeberkan nilai ekspor 2021 mencapai Rp 616,35 triliun, meningkat 36,43 persen dibandingkan 2020.

Mentan Syahrul berpesan kepada jajaran Kementan agar menghadirkan nasional untuk menjaga pangan nasional dalam sambutannya di upacara peringatan HUT ke-78 RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News