HYDRANATION Serukan Edukasi Pemilihan Air Minum Berkualitas dan Gizi Seimbang

HYDRANATION Serukan Edukasi Pemilihan Air Minum Berkualitas dan Gizi Seimbang
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPd, K-GEH memberikan edukasi hidrasi sehat kepada masyarakat Berastagi. Foto: IHWG FKUI

jpnn.com, BERASTAGI - Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI melakukan Gerakan Nasional Hidrasi Sehat bertajuk HYDRANATION di Berastagi, Sumatera Utara, pada 27 Oktober 2023.

Acara ini digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga hidrasi sehat melalui air minum yang berkualitas dan pemenuhan gizi seimbang.

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Prof Aldy Safruddin Rambe, Prof Dina Keumala, Guru Besar Ilmu Gizi Klinik beserta tim dari FK USU, Ketua dan Pengurus IHWG, Camat Berastagi, Camat Dolat Rakyat, Camat Merdeka, perwakilan Bappeda, dan sejumlah anggota masyarakat Berastagi yang mengikuti acara ini dengan antusias.

Pada kesempatan kali ini, Ari Fahrial Syam menyampaikan air merupakan salah satu zat gizi makro esensial mempunyai fungsi yang sangat penting dalam berbagai proses dalam tubuh manusia.

Di antaranya sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transportasi, dan sebagai eliminasi sisa metabolisme.

"Kita harus memperhatikan kecukupan konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap hari," ujar Ari.

Kekurangan asupan air minum akan berakibat pada terjadinya dehidrasi jangka pendek yang mengakibatkan mulut kering dan haus, lemah, pusing, mood dan konsentrasi terganggu, suhu tubuh terganggu, dan jantung berdebar.

Apabila dehidrasi itu berlangsung terus dalam jangka panjang berpotensi pada gangguan yang lebih serius seperti penyakit ginjal kronis, infeksi saluran kemih, penyakit jantung, obesitas (kegemukan), kanker, dan diabetes.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IHWG FKUI Diana Sunardi menekankan bahwa tidak hanya kuantitas yang perlu dicukupi, tetapi kualitas air yang diminum juga penting untuk diperhatikan.

Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI melakukan Gerakan Nasional Hidrasi Sehat bertajuk HYDRANATION di Berastagi, Sumatera Utara, pada 27 Oktober 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News