Idham Azis dan Hadi Tjahjanto Pimpin Panen Raya Desa Tangguh Majalengka

Idham Azis dan Hadi Tjahjanto Pimpin Panen Raya Desa Tangguh Majalengka
Polri dan TNI melakukan panen raya serentak Kamis (9/7). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, MAJALENGKA - Polri dan TNI menggelar panen raya serentak dan penebaran benih, serta peluncuran Program Kampung Tangguh Nusantara di seluruh Indonesia, Kamis (9/7).

Di kabupaten Majalengka Jawa Barat, panen raya dan peninjauan Lembur Tohaga Lodaya atau Desa Tangguh Majalengka Raharja di Desa Liangulang Kecamatan Kadipaten dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, secara virtual.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Bupati Majalengka Karna Sobahi, Kasdam III Siliwangi Brigjen Kunto Arif Wibowo, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga, jajaran pejabat utama (PJU) Polda Jabar, Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Harry Subarkah, unsur Forkopimda Majalengka serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jabar melihat Panen Raya Desa Tangguh Majalengka Raharja, sebagai upaya ketahanan pangan dalam menghadapi dan mengantisipasi dampak dari pandemi COVID-19.

"Kampung tangguh ini adalah program Kapolri yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polres di Indonesia. Di Jabar sendiri ada sekitar 700 kampung tangguh dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di Jabar. Minimal setiap Kecamatan wajib ada satu desa tangguh," kata Kapolda.

Rudy juga meluncurkan Aplikasi Penanggulangan Karhutla berbasis IT (E-PMR/Electronic Polres Majalengka Raharja) yang ditandai dengan pemukulan kentungan.

Ada juga pemberian sembako secara simbolis yang dilakukan oleh Kapolda Jabar, Kasdam III/ Siliwangi, Bupati, Kapolres dan Dandim kepada perwakilan masyarakat.

Kemudian peninjauan Ketangguhan Sinergitas Polres Majalengka, Kodim 0617 Majalengka dan Pemkab Majalengka, meliputi produk UMKM Majalengka, aplikasi penanggulangan Karhutla berbasis I.T (E -PMR), tanaman hidroponik, tanaman ketahanan pangan, panen ikan di antaranya ikan nila, ikan mas dan lele dumbo.

Panen raya Desa Tangguh Majalengka Raharja di Desa Liangjulang mencakup areal seluas delapan hektare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News