IGRS Merilis Aplikasi Gimbot yang Ramah untuk Anak

IGRS Merilis Aplikasi Gimbot yang Ramah untuk Anak
Ilustrasi game streaming Xbox. Foto: Ubergizmo

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Game Rating System (IGRS) merilis aplikasi gaming yang diberi nama Gimbot.

Aplikasi gim itu merupakan hasil inisiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang bertujuan untuk mengedukasi pentingnya game rating dan pengawasan orang tua saat anak bermain gim.

Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo menjelaskan aplikasi Gimbot ini akan memberikan informasi tentang rating game kepada orang tua.

"Orang tua bisa dapat gambaran tentang konten game yang dimainkan anak, dan bisa merekomendasikan tepat atau tidaknya gim tersebut dimainkan oleh anak,” kata I Nyoman, Kamis (9/12).

Dia menambahkan pemahaman orang tua atas sebuah pilihan gim melalui aplikasi Gimbot dinilai akan memberikan dampak lain kepada industri gaming.

"Dalam hal ini, Kominfo bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pengembang game, penerbit game, asosiasi dan berbagai komunitas masyarakat untuk terus menyosialisasikan IGRS dan aplikasi Gimbot kepada orang tua, para guru, dan masyarakat luas," papar I Nyoman.

Menurut dia, aplikasi itu menjadi kontribusi nyata untuk memajukan industri gim, publisher, game developer, maupun pengguna gim di Indonesia.

"Aplikasi ini diciptakan agar orang tua dapat membantu anak memilih game yang tepat sesuai dengan usianya," ungkap I Nyoman.

Indonesia Game Rating System (IGRS) merilis aplikasi gaming yang diberi nama Gimbot. Aplikasi gim itu bisa membantu orang tua memilih gim yang sesuai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News