IL9 Dorong Program Kapal Pembangkit Listrik

IL9 Dorong Program Kapal Pembangkit Listrik
Menteri ESDM, Ignasius Jonan bersama Ketua Umum IL9, Alwi Hamu dan Direktur Eksekutif IL9, Rapsel Ali saat menghadiri Kongres IL9 di Hotel Mercure, Jakarta, Senin, 6 Maret. Foto: Istimewa

jpnn.com - jpnn.com - Institut Lembang Sembilan (IL9) mendorong program kapal pembangkit listrik atau marine vessel power lant (MVPP) di perairan Indonesia.

Tak bisa dimungkiri, Indonesia berkembang begitu pesat.

Industri mulai tumbuh di mana-mana. Sayangnya, ketersediaan listrik Indonesia terbatas.

Pemerintah pun sudah menyiapkan program 35 ribu megawatt (MW) untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional.

Direktur Eksekutif IL9 Rapsel Ali mengatakan, Indonesia yang didominasi wilayah perairan sangat perlu dimaksimalkan keberadaannya.

Termasuk menghasilkan listrik untuk kebutuhan masyarakat di pulau.

“Jadi kami dorong hadirnya kapal-kapal yang bisa menghasilkan listrik. Baik itu menggunakan disel ataupun gas. Yang jelas, kebutuhan listrik di wilayah terpencil khususnya di pulau-pulau itu bisa terpenuhi," kata Rafsel dalam Rapat Kerja Nasional IL9 di Hotel Mercure Sabang, Jakarta, Senin (6/3).

Menurut Rapsel, idealnya kebutuhan listrik 35 ribu MW tak semuanya dipenuhi dengan pembangunan pembangkit di darat atau landbase.

Institut Lembang Sembilan (IL9) mendorong program kapal pembangkit listrik atau marine vessel power lant (MVPP) di perairan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News