Ilham Habibie Dorong Percepatan Digitalisasi Pendidikan

Ilham Habibie Dorong Percepatan Digitalisasi Pendidikan
Ilustrasi digitalisasi pendidikan. Foto: dok. KSDI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pembina The Habibie Center, Ilham A. Habibie menyampaikan pada masa pandemi saat ini, digitalisasi merupakan alat untuk meraih demokrasi dalam dunia pendidikan.

Hal itu disampaikan Ilham Habibie dalam webinar pre-event EDUVEX 2021 bertajuk “Digitalisasi dan Demokratisasi Pendidikan” yang diinisiasi Orbit360 dan The Habibie Center.

"Digitalisasi menjadi jembatan untuk menggerakkan roda pendidikan. Hingga saat ini, hampir seluruh sekolah di Indonesia mengandalkan internet dalam proses belajar-mengajar,” ungkap Ilham, Rabu (29/9).

Digital adalah alat bantu. Namun, lanjut dia, digitalisasi tidak lantas akan meniadakan dunia yang kita kenal saat ini, yang masih analog.

"Ini kelihatan di dunia pendidikan. Secanggih apapun online learning, dengan alat-alatnya, internet koneksi yang bagus. Namun, tetap perlu peran manusia,” imbuhnya.

Ilham juga meyakini digitalisasi pendidikan juga diyakini akan mendorong proses transformasi pendidikan, yang dapat merubah sistem belajar mengajar secara menyeluruh.

Guru dan siswa tak lagi perlu bertatap muka, bahkan sumber ilmu tak lagi melulu bersumber pada guru.

Menjawab tantangan tersebut, tambah Ilham, dunia pendidikan harus didorong cepat beradaptasi dengan teknologi digital.

Ilham A. Habibie menyampaikan pada masa pandemi saat ini, digitalisasi merupakan alat untuk meraih demokrasi dalam dunia pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News