Imbas Jembatan Comal Ambles, Jalur Tengah Lumpuh

Imbas Jembatan Comal Ambles, Jalur Tengah Lumpuh
Imbas Jembatan Comal Ambles, Jalur Tengah Lumpuh

jpnn.com - SLAWI – Arus lalu lintas di jalur tengah Slawi–Purwokerto lumpuh total. Kemacaten panjang kendaraan itu terjadi mulai Sabtu (19/7) hingga Minggu (20/7) sore. Hal itu karena adanya pengalihan arus lalu lintas akibat amblesnya Jembatan Comal di Pantura wilayah Pemalang.

Pantauan Radar Tegal (Grup JPNN), kemacetan di jalur tengah Slawi–Purwokerto sudah terjadi sejak Sabtu pagi. Dari informasi yang himpun, selain karena pengalihan arus, kemacetan terjadi mulai dari jalur yang berkelok di leter S Balai Kambang, Desa Kalisalak, Kecamatan Sirampog sampai Yomani, Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Hingga Minggu (20/7), kemacetan terjadi hingga wilayah Slawi. Lebih parah lagi, kendaraan dari dua arah tak bisa bergerak dari Klonengan hingga Margasari. Meski pun perlahan terkadang bisa terurai oleh petugas dari Polres Tegal yang menjaga di pertigaan tersebut.

”Titik penyebab kemacetan terjadi di pertigaan Klonengan Margasari. Kemudian juga terjadi kendaraan truk yang ambles dan mengalami mogok di jalan sekitar Paguyangan Bumiayu pada Sabtu (19/7) malam. Akibatnya, kedua arus lalu lintas dari Purwokerto–Slawi dan sebaliknya lumpuh total,” kata Arif Rahman Hakim, tim Galawi Rescue yang ikut memantau di lokasi kemacetan.

Menurut dia, sejak Sabtu malam Kapolres Tegal AKBPTommy Wibisono SIK sudah ikut turun langsung di jalur pertigaan Klonengan Margasari untuk mengurai kemacaten. Hingga Minggu pagi, Kapolres beserta jajaran kepolisian lalu lintas juga masih berusaha mengatur lalu lintas arah Slawi–Purwokerto dan sebaliknya.

Sementara para pengendara bus, truk, dan kendaraan pribadi yang melintas dari arah Kota Tegal yang hendak melewati jalur tengah menuju Purwokerto mengaku sangat sedih dengan kemacetan yang terjadi begitu lama.

”Kami hendak mengantar penumpang tujuan Solo, hingga saat ini (kemarin) sudah macet hingga 5 jam lebih,” ujar Iwan, sopir bus yang terjebak macet di sekitar pertigaan Yomani Lebaksiu.

Ratusan kendaraan yang sudah terjebak macet tidak mungkin memutar arah. Karena itu, mereka para sopir berharap agar ada jalur alternatif yang bisa dilewati. Namun demikian, semua jalur altenatif yang ada juga sudah padat dan tidak mungkin bisa dilewati bus serta kendaraan berat.

SLAWI – Arus lalu lintas di jalur tengah Slawi–Purwokerto lumpuh total. Kemacaten panjang kendaraan itu terjadi mulai Sabtu (19/7) hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News