Imbauan MUI buat Umat Islam soal Sukmawati Bandingkan Soekarno dengan Nabi

Imbauan MUI buat Umat Islam soal Sukmawati Bandingkan Soekarno dengan Nabi
Sukmawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers terkait puisi Ibu Indonesia, di Jakarta, Rabu (4/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sektretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menilai Sukmawati Soekarnoputri kembali mengusik perasaan umat Islam. Menurut Anwar, muslim di tanah air tersinggung oleh pernyataan Sukmawati soal perbandingan antara ayahnya yang juga Proklamator RI Bung Karno dengan Nabu Muhammad.

"Pernyataan yang disampaikan Ibu Sukmawati itu kami sudah tahu semuanya, telah menyinggung hati dan perasaan umat Islam," kata Anwar saat ditemui di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Anwar menambahkan, pidato Sukmawati yang membandingkan Nabi Muhammad dengan Soekarno telah mengusik ranah keyakinan umat Islam. Seharusnya, kata dia, Nabi Muhammad tidak perlu dibanding-bandingkan dengan tokoh mana pun.

"Nabi dan rasul tidak bisa dibandingkan dengan tokoh lain, dalam hal ini membandingkan Nabi Muhammad dengan Bung Karno," ujar Anwar.

Walakin, Anwar mengharapkan umat Islam tidak terprovokasi oleh pernyataan Sukmawati. Menurutnya, umat Islam cukup menyikapi pernyataan adik kandung Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri itu dengan mengacu hukum dan undang-undang yang berlaku.

"Kami dari MUI mengimbau kepada para pihak agar dalam menghadapi masalah ini tetap bisa mengendalikan diri dan memerhatikan undang-undang serta ketentuan yang berlaku dalam Republik Indonesia. Kami berharap masalah ini tidak melebar ke mana-mana dan tidak mengganggu keamanan dan stabilitas dalam negeri," tutur dia.(mg10/jpnn)

Sekjen MUI Anwar Abbas menilai pidato Sukmawati Soekarnoputri yang membandingkan Nabi Muhammad dengan Soekarno telah mengusuk keyakinan umat Islam.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News