India Dihantam Badai Debu, 76 Tewas Tertimpa Rumah Sendiri

India Dihantam Badai Debu, 76 Tewas Tertimpa Rumah Sendiri
Badai debu menewaskan 76 orang di India (Sputnik)

jpnn.com, JAKARTA - Badai debu yang melanda Negara Bagian Rajasthan dan Uttar Pradesh, India menyebabkan kehancuran luar biasa. Setidaknya 76 warga tewas serta puluhan lainnya luka-luka, ratusan rumah hancur dan aliran listrik terputus.

Sebagian besar korban tewas tengah terlelap tidur saat bencana tiba. Mereka tertimpa rumah sendiri yang rubuh karena sapuan angin.

Ada tiga distrik yang mengalami kerusakan yang signifikan, yaitu Rajasthan-Alwar, Bharatpur, dan Dholpur.

Para pejabat mengatakan, Alwar adalah yang paling parah terkena dampaknya, hingga sekolah di distrik ini ditutup untuk sementara.

Badai debu sering terjadi di India dan biasanya terjadi selama musim panas. Namun korban jiwa kali ini adalah yang terbanyak.

"Saya sudah bekerja menangani hal ini selama 20 tahun dan ini adalah yang terburuk yang pernah saya lihat," kata Sekretaris untuk Manajemen Bencana dan Bantuan di Rajasthan, Hemant Gera seperti dilansir BBC, Kamis, (3/5).

"Ada badai debu yang juga terjadi pada 11 April dan 19 orang tewas saat itu, kali ini terjadi pada malam hari sehingga banyak orang tidur dan tidak bisa keluar dari rumah mereka ketika dinding lumpur runtuh," tambahnya.

Dia dan tim sedang berusaha mengembalikan aliran listrik. Sebab 200 hingga 300 tiang listrik runtuh karena badai.

Badai debu yang melanda Negara Bagian Rajasthan dan Uttar Pradesh, India menyebabkan kehancuran luar biasa. Setidaknya 76 warga tewas serta puluhan luka-luka

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News