India Segera Luncurkan Misi ke Mars

India Segera Luncurkan Misi ke Mars
India Segera Luncurkan Misi ke Mars

jpnn.com - BANGALORE - Badan Ruang Angkasa India (ISRO) untuk pertama kalinya merilis wahana yang bakal diluncurkan dalam misi independen ke Planet Mars. Jika tidak ada aral, perjalanan lebih dari 385 juta km ke planet merah itu akan dilakukan antara 21 Oktober dan 19 November dari Sriharikota, India.

Isro -Indian Space Research Organisation- menyatakan, pesawat ruang angkasa Mars Orbiter Mission ( MOM ) yang diberi nama Mangalyaan itu bakal membawa lima instrumen untuk mempelajari berbagai aspek Mars, termasuk mendeteksi metana di atmosfernya. "Pesawat ruang angkasa dan elemen pendukungnya diselesaikan dalam waktu satu tahun. Ini waktu yang sangat singkat dari target awal," kata Direktur Satellite Centre ISRO ( ISAC ), SK Shivakumar kepada NDTV, Kamis (12/9).

Sementara itu, Direktur Program MOM Annadurai dan Direktur Proyek S. Arunan mengatakan, pesawat ruang angkasa akan dikirim ke Satish Dhawan Space Centre, Sriharikota,  pada 27 September mendatang sebelum diluncurkan. "Wahana ini diperkirakan bakal membutuhkan waktu 20 hari untuk melakukan perjalanan ke Mars," ujarnya.

Mangalyaan diharapkan dapat menunjukkan bukti bahwa di Mars pernah ada kehidupan. Wahana ini juga diberi kemampuan mengirimkan foto berwarna dalam rentang waktu tertentu.

"Pesawat ruang angkasa kita akan pergi ke Mars dan mengumpulkan informasi ilmiah penting. Ini akan menjadi langkah besar bagi India di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Presiden India Pranab Kumar Mukherjee.

Misi ke luar angkasa ini bukan yang pertama bagi India. Pada 2008 , India berhasil meluncurkan misi pertamanya ke bulan, melalui misi Chandrayaan - 1, yang membawa kembali bukti pertama keberadaan air di permukaan bulan yang kering. Eksplorasi Mars menunjukkan ambisi India untuk mengalahkan saingannya China. (esy/jpnn)


BANGALORE - Badan Ruang Angkasa India (ISRO) untuk pertama kalinya merilis wahana yang bakal diluncurkan dalam misi independen ke Planet Mars. Jika


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News