Indikator Politik Sebut Ganjar Cocok Capres dan Prabowo Cawapres, Begini Analisisnya

Indikator Politik Sebut Ganjar Cocok Capres dan Prabowo Cawapres, Begini Analisisnya
Momen kebersamaan antara Presiden Jokowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menhan Prabowo Subianto. dok tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Isu yang menduetkan Ganjar Pranowo sebagai capres dan Prabowo Subianto sebagai cawapresnya di Pilpres 2024 terus bergulir menyusul momen kebersamaan keduanya dengan Presiden Joko Widodo di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3)

Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan dari momen istimewa di kunjungan kerja Jokowi itu bisa memunculkan berbagai kemungkinan untuk memasangkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Soal penentuan capres, Burhanuddin mengungkapkan, itu tergantung keputusan kedua belah pihak yaitu PDIP dan Partai Gerindra

“Tergantung konstelasi di tingkat elite dan konstelasi di tingkat massa keduanya,” ujar Burhanuddin dalam tayangan wawancara di sebuah media televisi nasional hari ini.

Burhanuddin menjelaskan Prabowo Subianto harus mengalah untuk menjadi cawapres. Sebab, kondisi dalam beberapa survei menempatkan Ganjar selalu di puncak elektabilitas di atas Prabowo.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia itu menyebut saat ini Ganjar berpotensi menang di tingkat elektoral.

“Kalau misalnya PDIP, Gerindra plus Pak Jokowi punya perhitungan terutama di tingkat elektoral maka yang punya potensi menang itu Ganjar misalnya karena elektabilitasnya lebih tinggi ketimbang Pak Prabowo,” ujar Burhanuddin.

Sebelumnya lembaga survei Charta Politika menyampaikan hasil survei tentang simulasi pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. Hasilnya duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dipilih 45,3 persen responden.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebut duet Ganjar Pranowo dan Prabowo bisa terwujud di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News